Senin, 24 September 2012

Pengertian Piano dan Jenis Jenisnya

Piano adalah sebuah alat musik yang banyak digemari. Ada berbagai alasan mengapa orang menyukainya. Melodi, suara, lagu yang dimainkan di piano, mungkin itu adalah beberapa alasan yang ada di benak seseorang.
Bermain piano itu susah. Harus pandai mengendalikan perasaannya ketika bermain. Jika ingin bermain lagu yang Allegro, perasaan kita harus senang, dsb.
Bagi pemula, bermain piano itu susah. Tetapi, lama-kelamaan pasti orang itu ketagihan ingin bermain piano.
 
        Dinamika pada lagu yang dimainkan harus diperhatikan juga. Misalnya  forte ( f ), harus dimainkan dengan keras. Mezzo forte ( mf ), harus dimainkan dengan suara yang tidak terlalu keras, juga tidak terlalu pelan. Piano ( p ), dimainkan dengan suara pelan. Mezzo Piano ( mp)  dimainkan dengan suara sangat pelan.

         Tidak lupa juga terhadap cresendo dan diminuendo. Cresendo adalah suara yang tiba-tiba keras. Jadi, misalnya dinamikanya pelan lalu ada tanda cresendo berarti dinamikanya bertambah keras. Dari mp, p, dan mf. Diminuendo adalah suara yang tiba-tiba mengecil. Dari f,mf, p, mp.

  Beberapa pemain piano mungkin kenal dengan empat orang di atas. Ya, mereka adalah para pemain piano legendaris. Keempatnya sama-sama terkenal dengan lagu klasiknya. Mereka adalah  Ludwig van Beethoven, Johann Sebastian Bach, Frederic Chopin, dan yang terakhir , Wolfgang Amadeus Mozart. Beberapa lagu Beethoven : Minuet In GFur EliseGertrude's Dream Waltz, dan Turkish March. yang paling terkenal adalah Fur Elise. Beberapa lagu Bach :  Gavotte in DGavotte, Musette, dan Gavotte in G. Sedangkan lagu-lagu Chopin: Funeral March, Polonaise, Prelude Op.28 No.7,Prelude Op.28 No.20. Dan yang terakhir, beberapa lagu Mozart : Minuet, Lacrimosa Mozart Requiem, Sonate 11, dan masih banyak lagi.

Piano juga bermacam-macam. Yang paling banyak digunakan adalah Grand Piano yang artinya piano besar.
  
Grand Piano banyak digunakan untuk Konser. Yang sering digunakan adalah yang berwarna hitam. Grand piano adalah piano yang paling mahal. Tetapi, Grand Piano ini banyak digemari. Grand Piano juga cocok untuk perlombaan piano. Cocoknya karena tuts Grand Piano agak berat jika ditekan, dibandingkan dengan piano lain. Tuts yang berat ditekan akan menguji kemampuan peserta lomba, apakah memiliki power atau tidak. Itu akan mempermudah para juri untuk menilai para peserta.

           Selain piano, lagu pun juga dikelompokkan. Ada lagu klasik, romantic, modern , dan lain-lain. Kebanyakan yang digemari adalah lagu klasik. Lagu klasik tak terhitung banyaknya di dunia ini. Namun, lagu-lagu romantic dan modern juga tak kalah banyaknya. Jujur saja, saya lebih suka dengan lagu klasik. Mengapa? Menurut saya, lagu klasik itu temponya bermacam-macam. Dan temponya itu cocok dengan karakteristik saya. Mungkin, karena ciri-ciri di atas tadi orang-orang menyukai piano.

5 komentar: